Capaian Pembelajaran

DimensiKodeRumusan Capaian Pembelajaran
SikapS1bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
S2menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
S3berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
S4berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
S5menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
S6bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
S7taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
S8menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
S9menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
S10menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan;
S11Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya.
Keterampilan UmumKU1mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
KU2mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
KU3mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni;
KU4mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
KU5mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil
analisis informasi dan data;
KU6mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
KU7mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
KU8mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri; dan
KU9mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
Keterampilan KhususKK1Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi pembelajaran kimia di sekolah secara terbimbing sesuai dengan karakteristik materi (content knowledge) dan karakteristik peserta didik, pendekatan pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran (pedagogical knowledge), mengolah dan menganalisis data penelitian, serta teknologi informasi dan komunikasi yang relevan (technological knowledge) secara inovatif dan adaptif
KK2Merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi aktivitas di laboratorium dengan memperhatikan prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja) dan isu lingkungan secara inovatif dan adaptif
KK3Mengidentifikasi permasalahan dan memilih alternatif solusi berdasarkan teori dan temuan penelitian, serta merancang dan mengimplementasikannya dalam penelitian pendidikan kimia secara terbimbing;
KK4Menyusun karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian pendidikan kimia dan mempublikasikannya dengan memperhatikan kaidah dan integritas akademik;
KK5Menerapkan keterampilan dasar dalam mengelola institusi pendidikan, membangun kerja tim yang solid, beradaptasi dengan baik dalam meningkatkan kompetensi diri secara inovatif dan adaptif;
KK6Menerapkan kompetensi literasi digital dalam memanfaatkan teknologi pada model- model pembelajaran kimia, ilmu terapan kimia serta evaluasi pembelajaran kimia.
PengetahuanP1Memahami konsep teoretis dan aplikasi tentang struktur, dinamika, dan energi bahan kimia, pemisahan, analisis, sintesis dan karakterisasi (content knowledge);
P2Menguasai dan mengembangkan pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar, pada bidang studi kimia di sekolah menengah atas serta menerapkan teori pendidikan, perkembangan peserta didik, dan profesi pendidik (pedagogyknowledge);
P3Menganalisis pengetahuan pedagogik kimia, kurikulum, metodologi pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran, pengelolaan kelas, dan mengintegrasikan TIK dalam pembelajaran kimia (technological pedagogical and content knowledge);
P4Menerapkan dasar-dasar metode ilmiah dan mengolah statistika big data Pendidikan dan ilmu kimia, meningkatkan integritas akademik dalam penelitian serta menyusun karya ilmiah yang dapat dipublikasikan baik secara nasional maupun internasional;
P5Menguasai dasar-dasar bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk percakapan dan penulisan ilmiah baik
dalam kegiatan akademik maupun non akademik pendidikan kimia;
P6Menerapkan prinsip-prinsip K3 (Keselamatan dan Keamanan Kerja) laboratorium, penggunaan peralatan dan instrumen kimia, penanganan isu lingkungan serta pengelolan dan managemen laboratorium di sekolah;
P7Mampu menjadi penggerak dalam mengelola, manajerial satuan pendidikan sekolah serta merancang evaluasi pembelajaran kimia menggunakan literasi teknologi yang beragam;
Scroll to Top